Kamis, 27 September 2018

TASBIH BIJI PISANG WARISAN SUNAN BONANG - #4332




TASBIH BIJI PISANG WARISAN SUNAN BONANG
Item Code : 4332

Panjang Keseluruhan -/+ : 55cm
Jumlah Bead : 101
Kondisi : Baru

HARGA : 100.000,- IDR
NB : Tasbih di atas merupakan sampel produk dari stok yang ada. Perbedaan warna rumbai tasbih bisa terjadi, tergantung stok yang tersedia.

========================================================

Sejarah singkat......

Raden Maulana Makdum Ibrahim atau Sunan Bonang, merupakan salah satu wali songo yang menyebarkan agama Islam di Nusantara. Seperti wali yang lain, Sunan Bonang menggunakan kesenian tradisional sebagai sarana dakwah.
Sepanjang hidupnya, Sunan Bonang selalu mengajak orang untuk berbuat baik dan berusaha mendekatkan diri kepada sang khalik. Termasuk kebiasaannya berdzikir disepanjang waktu menggunakan tasbih.
Dalam buku Islam Pesisir karangan Nur Syam diceritakan, pada suatu waktu Sunan Bonang sedang khusuk berdzikir di beranda masjid. Tiba-tiba tali tasbih yang digunakannya putus. Spontan butiran tasbih yang semula terangkai bagus, langsung tercecer kemana-mana.
Karena rasa sayangnya kepada tasbih, Sunan Bonang dibantu oleh beberapa muridnya mencari dan mengumpulkan butiran tasbih. Setelah sekian lama mencari, Sunan Bonang hanya berhasil menemukan 99 dari 100 butir tasbih. Karena tidak kunjung ketemu, Sunan Bonang akhirnya mengikhlaskan satu butir.
Beberapa waktu setelah kejadian, Sunan Giri yang mendengar kabar itu kemudian ikut membantu mencari satu butir terakir tasbih. Setelah bersusah payah mencari, akhirnya ketemulah satu butir tasbih.
Mengetahui butiran tasbihnya sudah didapat semua, Sunan Bonang tidak lantas bergembira. Dengan nada bijak, Sunan Bonang berkata "Biarlah satu biji yang ini di tanam saja, agar tumbuh anak cucu pohon pisang penghasil biji di sini dan akan banyak manfaatnya".
Akhirnya satu butir tasbih yang merupakan biji Pisang itu ditanam di pekarangan masjid. Dalam perkembangannya, butir tasbih itu tumbuh menjadi sebuah pohon pisang yang hanya menghasilkan buah pisang berbiji besar.
Berbeda dengan pohon pisang pada umumnya, pisang Sunan Bonang memiliki kelebihan yang hanya bisa dibudidayakan di pekarangan masjid. Selain itu cara pengembangbiakannya juga dilakukan dengan menanam bijinya.
Saat ini, biji pohon pisang itu menjadi komoditas utama warga sekitar makam Sunan Bonang di Tuban Jawa Timur. Mereka menggunakan biji pohon pisang untuk dijadikan tasbih, nama umumnya tasbih fidyah.
(Sumber : https://www.merdeka.com/ramadan/tasbih-biji-pisang-warisan-sunan-bonang.html )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar